SEJARAH PRAMUKA

Barangkali Kamu telah begitu akrab dengan istilah Pramuka, namun apakah Kamu tahu bagaimana sejarah dari Pramuka indonesia? Pertama, Kamu harus tahu sobat bahwa pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana. Istilah itu mengandung makna rakyat mudah yang suka berkarya, sehingga tidak heran jika setiap anggota pramuka memiliki kreatifitas cukup tinggi.
Perkembangan Pramuka di Indonesia
Sejarah perkembangan Pramuka indonesia tidak terlepas dari pengaruh penjajahan Belanda di zaman dahulu. Belanda datang ke tanah air tidak hanya merampas kekayaan kita namun juga memberikan pengaruh terhadap pergerakan kelompok masyarakat, salah satunya gerakan pramuka. Gerakan ini sendiri juga didasari atas pemikiran Bapak Pandu Dunia (Badden Pawell) yang bukunya di bawa masuk ke Indonesia oleh Belanda.
Pada perkembangannya nanti, muncullah gerakan pandu Indonesia yang dikenal dengan beberapa nama kelompok yaitu JPO, JJP, SIAP, NATIPIJ dan seterusnya. Gerakan pandu Indonesia terus berkembang dan bahkan juga aktif dalam kegiatan kepemudaan, salah satunya adalah dalam kegiatan Kongres Pemuda pada tahun 1928.
Kemudian pada masa penjajah Jepang, gerakan Pramuka indonesia sempat dilarang oleh pemerintah Jepang. Hal itu dikarenakan gerakan pramuka terlibat dalam usaha untuk memerdekakan Indonesia. Barulah setelah Indonesia merdeka, tepatnya tahun 1945 di bulan Desember, gerakan Pandu Rakyat Indonesia diresmikan di Solo. Namun istilah gerakan pramuka baru dipublikasikan secara menyeluruh pada tahun 1961. Setelah itu gerakan Pramuka mengalami perkembangan pesat dan terus dipertahankan hingga sekarang.
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (5.00 from 5)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X
X