SCOUT VS PRAMUKA

Scout vs Pramuka, barangkali dua istilah ini sempat menjadi perdebatan antara Kamu dan temanmu. Lantas apa sebenarnya perbedaan antara scout dan pramuka? Atau justru keduanya memiliki kesamaan. Tenang sobat, Kamu tidak perlu bingung. Ambil napas dan simak penjelasannya berikut ini.
Baik Scout maupun Pramuka merupakan dua istilah yang memiliki makna sama. Keduanya ini pun lahir dan dipengaruhi atas pemikiran Badden Powwel yang dikenal sebagai Bapak Pandu Dunia. Badden Pawell  memiliki sebuah buku yang ia tulis sendiri, yaitu Scouting For Boys. Buku ini berisikan pengalaman Bapak Pandu Dunia dalam merintis dan melatih organisasi kepramukaan.
Ternyata buku yang ditulis pada tahun 1912 cepat tersebar ke berbagai penjuru dunia, sehingga muncullah organisasi kepramukaan yang dikenal dengan nama Boys Scout. Dahulunya organisasi ini hanya menerima anggota laki-lakai saja, namun lambat laun bermunculan pula organisasi Scout atau Pramuka yang dikhususkan bagi perempuan yang disebut Girl Guides. Pengaruh buku dari Badden Pawell  ini pun sampai ke Indonesia, sehingga terbentuklah organisasi Pramuka yang resmi diperkenalkan pada tahun 1961.
Jadi ringkasnya sobat, Scout vs Pramuka tidak memiliki perbedaan berarti. Jika di Indonesia dikenal dengan nama Pramuka, maka di luar negeri sana dikenal dengan istilah Scout. Setelah membaca ini, maka Kamu tidak perlu lagi berdebat panjang lebar tentang Scout dan Pramuka, sebab keduanya adalah sama.
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (5.00 from 5)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X
X