Beberapa Jenis Sandi Pramuka Yang Perlu Dipahami

SANDI PRAMUKA

Sama seperti kegiatan ekstrakulikuler lainnya, kegiatan pramuka juga memiliki materi yang menarik untuk dipelajari. Salah satu mater pramuka yang menarik dan tidak akan Kamu temukan di kegiatan lain adalah materi tentang sandi pramuka. Mempelajarinya materi ini akan membuatmu mampu berkomunikasi dengan orang lain melalui sebuah kode tertentu.
Berikut ini 3 jenis sandi yang umum dipelajari di pramuka
  1.  Sandi Rumput.

    Sandi rumput? Apakah sandi ini menggunakan rumput sungguhan? Tentu saja tidak demikan. Sandi rumput merupakan sandi pramuka yang menggunakan simbol-simbol rumput. Umumnya simbol rumput pendek berarti kode titik, sementara simbol rumput panjang berarti garis. Masing-masing simbol ini memiliki makannya tersendiri dan tidak asal guna.

  2. Sandi Morse.

    Pernahkah Kamu meliat atraksi anggota pramuka meniup peluit? Nah itu adalah salah satu contoh kongkret dari sandi morse ini. Namun perlu Kamu ketahui tiupan peluit tersebut tidak asal bunyi saja, melainkan ada ketentuan dari setiap tiupannya. Tidak hanya menggunakan peluit, sandi pramuka ini juga dapat menggunakan tulisan, sinar (cahaya) dan bendera morse.

  3. Sandi Semaphore.

    Materi sandi ketiga yang umum dipelajari di pramuka adalah sandi semaphore. Sandi satu ini menggunakan dua bendera yang diatraksikan menggunakan dua tangan. Setiap gerakan atraksi bendera mewakilkan sebuah huruf tertentu. Tidak hanya dipelajari, sandi pramuka ini juga menjadi salah satu atraksi yang sering ditampilkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *