SEKOLAH VOKASI

Setelah lulus SMA atau SMK atau sederajat, ini adalah momen dimana setiap siswa yang baru saja lulus akan menentukan masa depannya, apakah untuk kuliah atau bekerja atau bahkan kerja sekaligus kuliah? Siswa yang telah sukses menutup masa pendidikan 12 tahun wajib belajarnya akan segera menjadi mahasiswa. Namun, dalam menentukan program atau studi apa yang akan dilanjutkan tentu saja akan membuat calon mahasiswa kebingungan. Kebanyakan calon mahasiswa mengetahui bahwa pendidikan selanjutnya yang akan mereka tempuh adalah pendidikan sarjana di perguruan tinggi atau universitas. Ternyata, terdapat jenjang lain selain sarjana yaitu sekolah vokasi, apakah sekolah vokasi itu?

Mengenal Sekolah Vokasi

Sekolah vokasi merupakan jenjang pendidikan di tingkat perguruan tinggi dan merupakan jenjang pendidikan yang menitikberatkan pada kemampuan atau keahlian terapan tertentu yang dimiliki oleh calon mahasiswa. Mahasiswa yang akan belajar vokasi, maka akan melakukan pendidikan tingkat diploma dan bisa menjadi diploma 1, diploma 2, diploma 3, atau bahkan diploma 4 yang sudah setara dengan Strata-1 (S1). Bagi mahasiswa yang telah lulus menyelesaikan pendidikan vokasi, maka akan mendapatkan gelar Ahli madya (A.md) kemudian khusus untuk diploma 4, maka akan mendapatkan gelar Sarjana Sains Terapan (S.ST). Beberapa contoh jurusan di sekolah vokasi di Indonesia adalah D3 Akuntansi, D3 Ekonomi Terapan, D3 Manajemen, D4 Agribisnis perkebunan, D4 Kebidanan dan lain sebagainya.

Bagi siswa yang baru saja lulus SMA atau SMK, silahkan untuk menentukan segera pendidikan apa yang akan ditempuh selanjutnya.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (5.00 from 5)

One thought on “Apa yang Dimaksud dengan Sekolah Vokasi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X
X