Apa Bedanya SD Biasa dan SD-IT?

SD-IT

SD dan SD-IT, barangkali istilah sudah pernah Anda dengar. Namun apakah Anda tahu perbedaan antara keduanya? Pada dasarnya dua istilah itu merupakan nama dari lembaga pendidikan dasar yang ada saat ini. Meskipun sama-sama berperan sebagai lembaga pendidikan dasar atau sekolah dasar, keduanya memiliki beberapa perbedaan.

 

3 Perbedaan Antara Sekolah Dasar (SD) dan SD-IT

Perbedaan antara SD (sekolah dasar) dan SD-IT (Sekolah Dasar Islam Terpadu) ini dapat dilihat dari beberapa aspek, diantaranya adalah sebagai berikut.

 

  1. Pengelolaan Sekolah

Sekolah Dasar biasa umumnya dikelola oleh pemerintah atau dalam bentuk sekolah negeri. Sementara SD-IT umumnya dikelola oleh pihak swasta, sehingga akan ada sejumlah uang komite atau SPP yang akan dibayarkan oleh setiap muridnya.

 

  1. Aspek Materi Pelajaran

Perbedaan kedua antara SD dan SD-IT dapat dilihat dari materi pelajaran yang diberikan. Peserta didik di sekolah dasar biasa akan mempelajari berbagai materi umum dan juga keagamaan. Hal ini pun berlaku bagi siswa yang bersekolah di SD-IT, hanya persentase pelajaran agamanya akan cenderung lebih besar.

 

  1. Program Khusus

Perbedaan berikutnya yang juga terlihat dari dua lembaga pendidikan dasar ini adalah program khusus yang diterapkan bagi peserta didik. Umumnya setiap SD-IT akan memiliki program belajar khusus bagi anak didiknya, misalnya program tahfiz. Selain menjadi pembeda, program khusus ini juga memberikan nilai plus tersendiri bagi SD-IT.

 

SD-IT sangat cocok jika menginginkan anak-anak Anda sekolah sekaligus memperdalam pelajaran agama Islam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *