LAMBANG PRAMUKA

Barangkali Sobat pernah melihat lambang pramuka yang berbentuk buah kelapa sedang tumbuh atau dikenal dengan istilah Nyiur. Bahkan tanpa mengikuti ekstrakulikuler pramuka pun, Kamu telah tahu bentuk dari lambang tersebut. Namun apakah Kamu sudah tahu  maknanya? Jika belum, simak penjelasannya berikut.
Penjelasan Makna Pada Lambang Pramuka

1. Nyiur Berarti Cikal

Lambang pramuka berbentuk nyiur memiliki arti cikal. Cikal atau tunas merupakan suatu pertanda kehidupan baru. Maksudnya pramuka merupakan bagian dari bangsa Indonesia yang memiliki fungsi vital dalam menjaga kelangsungan peradaban bangsa.

2. Mampu Bertahan dengan Baik

Makna selanjutnya dari lambang pramuka adalah mampu bertahan dengan baik. Buah kelapa melambangkan bahwa pramuka merupakan sosok yang kuat, baik secara lahiriyah maupun batiniyah. Sehingga ia dapat bertahan dan menghadapi segala tantangan yang datang.

3. Mampu Tumbuh Di Mana Saja

Ketiga, lambang pramuka juga bermakna dapat tumbuh di mana saja. Maksudnya setiap anggota pramuka memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan kondisi lingkungannya, sehingga ia dapat tumbuh dan hidup dengan baik.

4. Memiliki Sifat Serbaguna

Terakhir, lambang pramuka memiliki makna serbaguna. Pohon kelapa memiliki karakteristik yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal. Seharusnya karakteristik itu juga hadir dalam setiap diri pramuka.
Selain empat makna di atas, lambang pramuka juga memiliki makna lainnya yang menarik untuk Kamu ketahui. Jika ingin tahu lebih lanjut, maka Kamu dapat mempersiapkan diri untuk mengikuti kegiatan ekstrakulikuler pramuka yang ada di sekolahmu.
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (5.00 from 5)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X
X