Persiapan Penting Sebelum Mengikuti Pendaftaran Sekolah

PENDAFTARAN SEKOLAH

Sebelum melakukan pendaftaran sekolah tentu ada berbagai persiapan yang dilakukan, agar sekolah yang dituju bisa dimasuki dengan lebih mudah. Pendaftaran biasanya dilakukan di pertengahan tahun dimana proses peralihan tingkatan kelas terjadi. Jauh sebelumnya, para orangtua ataupun bersama si anak sudah melakukan beragam persiapan masuk ke sekolah baru.

Persiapan Penting Sebelum Pendaftaran Sekolah

Saat ini pemilihan sekolah disesuaikan dengan peraturan UU baru dari pemerintah, yakni mulai diterapkannya sistem zonasi. Masyarakat hanya bisa mendaftarkan putra dan putrinya di sekolah yang lokasinya dekat dari rumah. Agar pendaftaran berjalan lancar, usahakan melakukan beberapa persiapan penting di bawah ini:

  1. Memilih sekolah yang terbaik, dilihat dari tiga sekolah terdekat dengan mempertimbangkan reputasi sekolah tersebut.
  2. Mencari tahu jadwal pendaftaran agar bisa dilakukan tepat waktu, apalagi sekarang umumnya sekolah sudah memakai sistem online.
  3. Mempersiapkan anak secara akademik jauh-jauh hari, sebab semakin tinggi prestasinya di sekolah sebelumnya semakin memungkinkan mengikuti pendaftaran non-zonasi jika dirasa sekolah favorit jauh dari tempat tinggal.
  4. Menyiapkan dokumen pendaftaran yang diperlukan.
  5. Mengikutkan anak ke les privat atau kelas tambahan untuk mengikuti ujian seleksi masuk ke sekolah baru.

Pendidikan adalah kebutuhan penting yang boleh dibilang memberi pengaruh kompleks pada masa depan anak. Memilih sekolah yang terbaik tentu menjadi cita-cita siapa saja, lakukan persiapan di atas agar tidak mendapati kendala mengikuti pendaftaran sekolah faforit yang diincar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *