MADRASAH

Saat ini pilihan sekolah swasta semakin beragam untuk mengimbangi sekolah negeri, termasuk sekolah islam. Sekolah islam sendiri terbagi menjadi dua pilihan, sekolah islam terpadu (SIT) dan madrasah. Pada perkembangannya, SIT lebih populer dibanding dengan madrasah. Sebetulnya apa yang membandingkan? Berikut ulasannya.

5 Perbandingan SIT dan Madrasah

  1. Diknas vs. Kemenag
    SIT berakar dari sekolah umum yang diislamkan, dalam artian sekolah ini terdaftar di Dinas Pendidikan dengan kurikulum Diknas dikembangkan dengan nilai ajaran Islam. Sedangkan madrasah di bawah naungan Kementerian Agama dengan kurikulum dari Kemenag juga.
  2. Ilmu Pengetahuan Umum vs. Ilmu Agama
    Kurikulum pengetahuan agama dan umum pada SIT berjalan seimbang. Sedangkan pada madrasah ilmu agama hadir lebih lengkap dan detail, seperti jika di SIT hanya mengenal Pendidikan Agama Islam (PAI), maka madrasah mengenalkan paparannya seperti Aqidah Akhlaq, Fiqih, Alquran Hadits, dan sebagainya. Jika SIT terdapat mata pelajaran lengkap agama maka itu termasuk dalam muatan lokal.
  3. Full Day School vc. Morning School
    SIT kebanyakan mengaplikasikan Full Day School yakni belajar dari pagi hingga sore. Sedangkan madrasah seperti sekolah biasa, namun ada juga saat ini yang menerapkan full day school sebagai daya saing.
  4. Mahal vs. Murah
    Dalam hal ini menyangkut fasilitas yang tersedia pada SIT dan madrasah. SIT menawarkan fasilitas yang lebih lengkap dengan harga yang tidak murah. Sedangkan madrasah relatif lebih murah dengan fasilitas yang cukup.
  5. Tahfidz vs. Non-tahfidz
    SIT mayoritas menekankan ilmu agama di bidang tahfidz atau hafalan Al Quran. Sementara pada madrasah hal itu tidak diprioritaskan. Jika ada kegiatan ini hanya untuk ekstrakurikuler atau kegiatan pilihan siswa.

Masing-masing sekolah islam di atas mempunyai pertimbangan dan ciri tersendiri. Yang terpenting adalah anak nyaman di lingkungan sekolah dengan staf pengajar yang baik.

Rating

0 / 5 5

Your page rank:

Kamus Istilah
AKSIN CORONA
Jurusan Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code