Tugas Utama Untuk Seorang Kepala Sekolah

Seperti yang telah diketahui bahwa sekolah merupakan tempat bagi orang-orang untuk belajar, menambah wawasan, dan pengetahuan. Selain itu, sekolah juga tempat untuk membentuk karakter dan perilaku, serta pendidikan nilai dan etika. Di dalam sekolah, tentu terdapat suatu jabatan atau struktur organisasi. Tujuan dari adanya struktur organisasi tersebut adalah untuk membagi tugas dan wewenang serta jabatan dalam sekolah. Struktur organisasi tersebut dipimpin oleh Kepala Sekolah. Kepala Sekolah membawahi dan mengatur serta memimpin tugas-tugas dan jabatan oleh organ-organ lainnya. Sebagai pemimpin, Kepala Sekolah membawahi Wakil Kepala Sekolah, Staff, Guru dan Karyawan. Terkait jumlah dari organ-organ tersebut diatur oleh masing-masing sekolah.

Tugas utama seorang Kepala Sekolah adalah mengatur situasi, dan mengendalikan arah dan tujuan lembaga dan organisasi sekolah. Kepala Sekolah juga berwenang untuk menyetujui atau menolak setiap program-program yang diusulkan oleh organisasi sekolah. Kemudian beberapa kewajiban dari Kepala Sekolah yaitu:

  1. Memperlakukan sama semua bawahannya sehingga tidak terjadi diskriminasi baik dengan guru maupun murid dan karyawan.
  2. Harus berperan sebagai pemberi usul, saran atau sugesti yang baik untuk kemajuan sekolah dan kepentingan murid.
  3. Menciptakan keamanan yang baik disekolah sehingga memperlancar kegiatan belajar dan mengajar.
  4. Kepala Sekolah wajib memberikan dukungan baik berupa dana, alat atau prasarana untuk kepentingan Guru dalam proses mengajar serta dalam menjalankan program organisasi di sekolah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *