RANGKUMAN PENJAS ORKES SD-MI KELAS 6

10 Jurusan Kuliah buat kamu

RANGKUMAN PENJAS ORKES SD

Bab 1 Permainan dan Olahraga

Rounders termasuk cabang olahraga permainan, yaitu permainan bola kecil yang dilakukan secara beregu. Dalam satu regu rounders terdiri atas 12 pemain. Teknik dasar permainan rounders adalah melempar, menangkap, memukul, dan sliding. Lapangan permainan rounders berbentuk segi lima beraturan di setiap sudutnya terdapat base sebagai tempat hinggap pelari.

Di Indonesia organisasi sepak bola berdiri pada tanggal 19 April 1930 dengan nama PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia) di Yogyakarta. Pengurus PSSI pertama kali diketuai oleh Ir. Soeratin Sosrosoegondo. Teknik dasar permainan sepak bola adalah menendang, menghentikan, menyundul, dan menggiring bola. Dalam permainan sepak bola ada dua taktik dan strategi yang perlu diterapkan agar mampu menguasai dan memenangkan pertandingan, yaitu teknik penyerangan dan pertahanan.

Lari cepat merupakan salah satu cabang atletik dari nomor lari. Lari cepat adalah lari yang dilakukan dengan kecepatan maksimal dari awal start sampai garis finis. Ada beberapa teknik lari cepat yang harus dipelajari oleh seorang sprinter, yaitu teknik melakukan start, teknik melakukan lari, dan teknik melewati garis finis. Teknik lompat jauh meliputi teknik awalan, tolakan, melayang di udara, dan teknik mendarat. Adapun pada lempar lembing terdapat tiga cara memegang lembing, yaitu cara Amerika, cara Finlandia, dan cara menjepit.

RANGKUMAN PENJAS ORKES SD

Bab 2 Kebugaran Jasmani

Kebugaran jasmani merupakan kondisi yang selalu diharapkan oleh setiap orang. Untuk memperoleh kondisi tubuh yang bugar dapat dilakukan dengan jalan berolahraga. Olahraga yang baik haruslah memuat latihan perbaikan tubuh, latihan kelenturan, dan latihan kekuatan.

Latihan perbaikan tubuh dibedakan menjadi tiga macam, yaitu latihan dasar, latihan berangkai, dan latihan daya tahan. Latihan kelenturan berfungsi untuk melatih kelenturan otot-otot tubuh, seperti otot leher, otot bahu, otot tangan, otot perut, otot pinggang, dan otot lutut. Latihan kekuatan berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh. Latihan kekuatan ini dibedakan atas latihan kekuatan otot tangan, perut, dan kaki.

RANGKUMAN PENJAS ORKES SD

Bab 3 Senam

Senam merupakan salah satu cabang olahraga yang mengandalkan aktivitas, baik sebagai olahraga sendiri maupun untuk cabang olahraga lain. Oleh karena itu, olahraga senam disebut juga sebagai olahraga dasar.

Latihan pemanasan berguna untuk melemaskan otot-otot yang akan kita gunakan dalam latihan, di samping itu pemanasan berguna untuk menghindarkan diri dari cedera yang serius, atau cidera berat. Pemanasan dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu pemanasan statis dan pemanasan dinamis.

Bentuk gerakan dari pemanasan banyak dan bervariasi, tergantung kreativitas masing-masing pesenam. Namun, secara garis besar gerakan-gerakan tersebut mencakup pelemasan otot leher, pelemasan otot bahu, dada, dan punggung, pelemasan otot pinggang dan perut, serta pelemasan otot kaki.

Lagi dibaca Temenmu  RANGKUMAN SBK SD-MI KELAS 6

Gerakan latihan pendinginan dapat dilakukan seperti pada gerakan pemanasan hanya bedanya dalam bentuk peregangan. Latihan gerakan pendinginan dilakukan setelah melakukan latihan inti. Tujuannya agar otot kembali rileks.

Senam lantai merupakan salah satu cabang dari rumpun senam. Sesuai dengan namanya (senam lantai) maka gerakan-gerakannya atau bentuk latihannya dilakukan di lantai. Bentuk-bentuk latihan senam lantai yaitu guling depan (forward roll), guling belakang, berdiri dengan tangan, dan berdiri dengan kepala.

RANGKUMAN PENJAS ORKES SD

Bab 4 Gerak Ritmik

Senam ritmik atau senam irama adalah serangkaian gerakan senam bebas yang dilakukan dengan iringan musik, nyanyian, tepukan, dan lain-lain. Alat yang dapat digunakan dalam senam ritmik di antaranya pita, tongkat, bola, topi, dan sebagainya.

Gerakan-gerakan senam ritmik antara lain jalan di tempat, melangkah/lari, jingkat, melompat, dan loncat serong. Salah satu contoh senam irama adalah senam kesegaran jasmani 2000.

Rangkuman atau ringkasan materi pelajaran Penjas kelas 6 SD/MI semester 2

RANGKUMAN PENJAS ORKES SD

Bab 5 Permainan dan Olahraga

Olahraga bola voli adalah cabang olahraga dengan memvoli bola di udara hilir mudik di atas net. Olahraga ini diciptakan oleh William W. Morgan tahun 1895. Teknik-teknik yang perlu dikuasai dalam bola voli antara lain servis, passing, smes, dan blok. Permainan bola voli setiap tim ada 6 orang pemain. Set kemenangan diraih ketika suatu tim mendapat angka 25 dengan sistem reli poin.

Tenis meja merupakan permainan olahraga memantul-memantulkan bola di atas meja menggunakan bet. Tenis meja disebut juga pingpong. Dalam permainan tenis meja dibutuhkan perlengkapan berupa lapangan, net, bola, dan bet. Untuk dapat bermain tenis meja dengan baik harus menguasai teknik-tekniknya. Teknik tersebut antara lain cara memegang bet, teknik siap sedia, gerakan kaki, dan pukulan .Set kemenangan diraih ketika pemain telah meraih angka 21 lebih dulu.

Lompat tinggi adalah gerakan melompat setinggi-tingginya melewati mistar. Untuk bisa melakukan lompat tinggi yang baik harus menguasai teknik-teknik awalan, tolakan, melewati mistar, dan mendarat. Perlengkapan lompat tinggi meliputi mistar lompat, lintasan awalan dan tolakan, tiang lompat, dan tempat mendarat dapat berupa karet busa atau bak pasir.

Tolak peluru merupakan olahraga menolak peluru sejauh-jauhnya dengan teknik dasar yang baik dan benar. Teknik dasar tolak peluru meliputi sikap badan dalam awalan, tolakan, dan gerakan akhir.

RANGKUMAN PENJAS ORKES SD

Bab 6 Kebugaran Jasmani

Kebugaran jasmani adalah suatu derajat atau kemampuan seseorang dalam rangka melakukan kegiatan sehari-hari tanpa mengalami kelelahan yang berarti. Untuk hidup sehat harus melakukan pola hidup sehat.

Lagi dibaca Temenmu  RANGKUMAN IPA SMP-MTS KELAS 8

Tujuan latihan-latihan fisik adalah untuk meningkatkan kebugaran jasmani dan ergosistem tubuh. Bentuk-bentuk latihan kebugaran jasmani, antara lain pull up, back up, shuttle run, lari zig-zag, squat thrust, dan lain-lain. Untuk dapat meningkatkan kebugaran jasmani, latihannya harus memenuhi prinsip-prinsip sebagai berikut.
a. Dilakukan secara teratur, disiplin, dan kontinu.
b. Dilakukan secara berulang-ulang.
c. Menggunakan beban yang lebih.

RANGKUMAN PENJAS ORKES SD

Bab 7 Senam

Dalam melakukan senam lantai dan ketangkasan dibutuhkan keberanian dan keterampilan gerakan. Sebelum melakukan senam diawali dengan pemanasan dan diakhiri dengan pendinginan.

Guling lenting adalah gerakan melentingkan tubuh ke depan atas dengan lemparan kedua kaki dan tolakan kedua tangan. Contoh lain dari senam adalah:

  1. sikap lilin,
  2. loncat harimau,
  3. meroda, dan
  4. lompat kangkang di atas peti lompat.

Hal-hal yang perlu mendapat perhatian dalam senam, antara lain:

  1. pakaian tidak terlalu sempit,
  2. berlatih dari yang mudah,
  3. gerakan dilakukan secara alami, dan
  4. didampingi instruktur/pelatih.

RANGKUMAN PENJAS ORKES SD

Bab 8 Gerak Ritmik

Gerakan ritmik adalah gerakan yang berirama. Gerakan ritmik terbagi ke dalam gerakan membungkuk, menekuk, meliuk, langkah, dan loncat. Gerakan-gerakan tersebut sangat berpengaruh terhadap keberhasilan gerakan ritmik.
Aktivitas ritmik memiliki nilai-nilai:

  1. kedisiplinan,
  2. keserasian,
  3. keindahan, dan
  4. keluwesan.

 

RANGKUMAN PENJAS ORKES SD

Bab 9 Aktivitas Air

Olahraga renang merupakan olahraga yang paling baik untuk menjaga kesehatan. Dalam olahraga renang, seluruh otot-otot tubuh bergerak. Renang gaya dada disebut juga gaya katak karena gerakannya mirip katak ketika berada dalam air. Teknik renang gaya dada meliputi meluncur, gerakan kaki, gerakan tangan, dan pernapasan.

Di area kolam renang kita tidak boleh berlari-larian, membasuh muka di pinggir kolam, meloncat menukik di kolam dangkal, dan lain-lain. Untuk penyelamatan di kolam renang diperlukan keterampilan berenang.

RANGKUMAN PENJAS ORKES SD

Bab 10 Aktivitas Luar Sekolah

Penjelajahan adalah kegiatan di alam bebas dengan jalan kaki, yang diikuti berbagai permainan atau petualangan. Untuk melakukan penjelajahan diperlukan perencanaan yang matang, persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi terhadap kegiatan.

Hal ini dilakukan supaya kegiatan dapat terlaksana dengan baik dan lancar. Evaluasi kegiatan dilakukan untuk mengidentifikasi persoalan-persoalan yang muncul dalam penjelajahan.

Berkemah adalah kegiatan yang dilakukan di alam terbuka dengan menginap di alam terbuka. Berkemah merupakan wujud belajar dengan alam sebagai gurunya. Untuk berkemah diperlukan perlengkapan kemah berupa tenda dan perlengkapannya. Berkemah melatih kita pada kebersamaan, kerja sama, mencintai alam, tanggung jawab, disiplin, dan belajar hidup mandiri.

0 / 5

Your page rank:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *