SEKOLAH FARMASI

Pada masa sekarang ini, peluang kerja semakin kompetitif. Hal ini disebabkan kesadaran masyarakat akan pendidikan yang tinggi sehingga banyak lulusan berpendidikan bermunculan. Karena itu, para siswa dan orang tua harus sangat jeli dalam menentukan jenjang pendidikan sebagai penentu karir di masa depan. Terkait dengan SMK Farmasi, berikut prospek kerja yang bisa diraih untuk menentukan karir di masa depan.

6 Lapangan Kerja Untuk Lulusan SMK Farmasi

  1. Pendidik
    Jurusan farmasi juga bisa berpeluang di bidang pendidikan yakni sebagai guru atau dosen di sekolah farmasi. Hanya saja untuk dosen harus menempuh jenjang S2. Pendidik dalam bidang farmasi sangatlah dibutuhkan.
  2. Farmasi Industri
    Dengan ilmu farmasi, seseorang bisa bekerja di bagian Research and Development di sebuah perusahaan kosmetik, makanan, obat, atau minuman. Pekerjaan ini terkait dengan penentuan bahan baku sampai teknik pembuatannya.
  3. Badan Pemerintah
    Badan pemerintah yang berhubungan dengan farmasi adalah BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) atau BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan). BPOM bergerak dibidang pengesahan obat dan makanan, sedangkan BPJS berhubungan dengan pengadaan fasilitas kesehatan.
  4. Peneliti
    Peneliti biasanya melakukan penelitian di bidang memunculkan potensi pengobatan dari tanaman, hewan, dan yang lain. Bisa bekerja secara independen atau juga di bawah naungan pemerintah seperti LIPI.
  5. Pekerja Swasta
    Ahli farmasi juga dibutuhkan pada perusahaan swasta obat-obatan seperti Mead Johnson, Kalbe Farma, Kimia Farma, dan sebagainya.
  6. Apotek, Rumah Sakit, dan Laboratorium Klinik
    Jelaslah lulusan farmasi akan bekerja di bidang kesehatan terutama di apotek, rumah sakit, laboratorium klinik. Untuk menjadi apoteker profesional lulusan farmasi harus mengambil pendidikan profesi.

Itulah tadi profesi yang terkait dengan jurusan farmasi yang merupakan prospek kerja bagus di masa mendatang.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (5.00 from 5)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X
X