JURUSAN SMK

Jurusan SMK 2020

Macam-macam Jurusan SMK terbagi menjadi 9 Bidang Keahlian dan 49 Program Keahlian

  • Teknologi dan Rekayasa
  • Energi dan Pertambangan
  • Teknologi Informasi dan Komunikasi
  • Kesehatan dan Pekerjaan Sosial
  • Agribisnis dan Agroteknologi
  • Kemaritiman
  • Bisnis dan Manajemen
  • Pariwisata
  • Seni dan Industri Kreatif
jurusan smk

FAQ Jurusan SMK

  1. SMK Teknik Konstruksi dan Properti?

    Jurusan SMK Teknik Konstruksi dan Properti adalah salah satu jurusan yang terdapat di SMK yang mempelajari tentang cara pembuatan atau mengaplikasikan suatu desain, furniture serta rancangan rumah. Objek dari jurusan ini adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan pembangunan gedung yang ruang lingkupnya sangat luas mulai dari sanitasi, pembangunan gedung dan juga perawatannya.

  2. SMK Teknik Geomatika dan Geospasial?

    Jurusan SMK Teknik Geomatika dan Geospasial merupakan salah satu jurusan SMK yang mempelajari tentang cara mengintegrasikan suatu pengumpulan, membuat model, menganalisis hingga manajemen berbasis lokasi (data spasial) yang didasarkan pada suatu ilmu geodesi. Ini dilakukan dengan mentransformasi data yang didapatkan dari sumber pengukuran ke dalam sebuah sistem informasi atau ilmu informatika.

  3. SMK Teknik Ketenagalistrikan?

    Jurusan SMK Teknik Ketenagalistrikan merupakan salah satu jurusan di SMK yang mempelajari tentang segala hal yang berkaitan dengan tenaga listrik dan tantangannya sehingga dengan begitu tenaga listrik dapat tersalurkan dengan baik. Teknik ketenagalistrikan juga secara khusus berhubungan dengan suatu pembangkitan dan aliran dari sebuah daya listrik dari tempat yang satu ke tempat lainnya.

  4. SMK Teknik Mesin?

    Jurusan SMK Teknik Mesin merupakan salah satu jurusan yang paling banyak diminati di SMK. Jurusan ini mempelajari mesin dengan dasar matematika dan fisika seperti melihat pergerakan mesin, bagaimana aliran air di mesin, elemen yang ada di kendaraan seperti roda gigi, material, desain mesin, cara pengolahan, cara produksi hingga pengendalian lewat komputer.

  5. SMK Teknologi Pesawat Udara?

    Jurusan SMK Teknologi Pesawat Udara termasuk salah satu jurusan di SMK yang mempelajari tentang bagian-bagian yang ada pada mesin pesawat dan rangka pesawat untuk melakukan berbagai perawatan, melakukan pemeliharaan, melakukan analisis masalah, gangguan yang ada di mesin, memperbaiki mesin pesawat. Di Jurusan ini juga, siswa diharuskan memiliki ketertarikan dalam mengutak atik mesin pada pesawat terbang.

  6. SMK Teknik Grafika?

    Jurusan SMK Teknik Grafika merupakan jurusan di SMK yang mempelajari tentang segala hal yang berhubungan dengan percetakan dimulai dari bagaimana produksinya hingga ke wirausaha. Jurusan ini juga menyiapkan manusia yang ahli dan kompeten dalam bidang grafika sehingga dapat mengisi posisi pelaksana atau penyedia, pencetakan naskah, penerbitan untuk media cetak dan media elektronik.

  7. SMK Teknik Instrumentasi Industri?

    Jurusan SMK Teknik Instrumentasi Industri merupakan jurusan yang terdapat di SMK yang mempelajari tentang pemodelan mulai dari demonstrasi, cara pengukuran, cara menggunakan perhitungan-perhitungan yang akan digunakan nantinya pada saat proses perencanaan,kegiatan operasional, pemeliharaan suatu sistem instrumentasi yang ada di berbagai bidang industri. Jadi tidak hanya teori diajarkan tapi juga pengaplikasiannya sendiri juga akan langsung diberikan.

  8. SMK Teknik Industri?

    Jurusan SMK Teknik Industri merupakan suatu jurusan yang ada di SMK yang mempelajari tentang proses industri yang dilihat dari segi manajemen atau teknik. Jurusan ini sebenarnya turunan dari jurusan teknik mesin. Meski demikian, para siswa akan mempelajari cabang ilmu lainnya mulai dari matematika, fisika hingga manajemen saintifik. Fokus jurusan ini adalah perancangan, peninggalan serta pemasangan sistem yang terintegrasi dimana semua itu akan memerlukan peran dari manusia, peralatan, material serta energi.

  9. SMK Teknologi Tekstil?

    Jurusan SMK Teknologi Tekstil adalah salah satu jurusan yang ada di SMK yang mempelajari tentang material untuk bahan-bahan pembuatan tekstil seperti pemintalan, mesin, pertenunan dan lain-lain. Jurusan ini juga berfokus pada kualitas bahan tekstil sehingga sebelum pembuatan harus dipilih dulu bahan tekstil yang memang tepat dan telah memenuhi syarat-syarat untuk penggunaannya.

  10. SMK Teknik Kimia?

    Jurusan SMK Teknik Kimia merupakan suatu jurusan di SMK yang mempelajari tentang bagaimana proses bahan baku atau bahan mentah diubah menjadi produk yang komersial yang prosesnya memanfaatkan bahan kimia. Jurusan ini perpaduan jurusan kimia dengan teknik industri dan isinya mempelajari tentang pengelolaan pabrik secara menyeluruh. Jurusan ini juga berfokus pada proses pengolahan bahan baku yang ada di pabrik tersebut.

  11. SMK Teknik Otomotif?

    Jurusan SMK Teknik Otomotif merupakan sebuah jurusan yang ada di SMK yang mempelajari tentang segala hal terkait dengan otomotif mulai dari sejarah, perkembangan otomotif, dasar teknik otomotif, gambaran umum terkait dunia otomotif, perawatan otomotif, teknologi otomotif, dan juga entrepreneur. Untuk pembelajarannya juga sangat menyeluruh mulai dari merancang, mengembangkan, memproduksi hingga perawatan otomotif.

  12. SMK Teknik Perkapalan?

    Jurusan SMK Teknik Perkapalan merupakan suatu jurusan di SMK yang mempelajari tentang bagaimana sistem kerja kapal mulai dari perencanaan bentuk dari badan kapal, bagaimana daya mesinnya, bagaimana strukturnya sampai pembangunannya yang semuanya masuk ke dalam ilmu teknik perkapalan. Tapi tidak seluruhnya dipelajari pada jurusan ini karena ada beberapa bidang keahlian lain yang juga berkaitan dengan perkapalan itu sendiri.

  13. SMK Teknik Elektronika?

    Jurusan SMK Teknik Elektronika merupakan suatu jurusan di SMK yang mempelajari tentang listrik dan pengaplikasiannya untuk kehidupan sehari-hari. Jurusan ini juga akan membekali siswa dengan ilmu pengetahuan tentang konsep, cara membuat rancangan, cara mengembangkan hingga cara membuat produksi perangkat elektronika dan listrik. Bahkan, di jurusan ini juga akan dibahas tentang metode pembangkit dari berbagai sumber energi yang baru, cara penyimpanan suatu energi hingga kontrol terhadap penghematan energi.

  14. SMK Teknik Perminyakan?

    Jurusan SMK Teknik Perminyakan merupakan jurusan di SMK yang mempelajari tentang eksplorasi hingga eksploitasi sumber daya alam. Jurusan ini hampir sama dengan jurusan teknik pertambangan hanya saja yang membedakan keduanya terletak di objeknya. Jika di pertambangan objek yang dipelajari tentang mineral padat beda halnya dengan teknik perminyakan yang mempelajari terkait dengan penampangan fluida seperti minyak bumi, panas bumi dan gas alam.

  15. SMK Geologi Pertambangan?

    Jurusan SMK Geologi Pertambangan merupakan jurusan yang ada di SMK yang mempelajari tentang kebumian misalnya bentuk muka bumi, apa saja material penyusun bumi, macam-macam batuan, bentuk batuan, sifat-sifat fisika dan kimia, proses pembentukan bumi, sejarah bumi hingga geologi terapannya misalnya Geologi Minyak dan Gas Bumi, Hidro Geologi, Geologi Teknik, Geologi Tambang, Geologi Tata Lingkungan dan masih banyak lagi.

  16. SMK Teknik Energi Terbarukan?

    Jurusan SMK Teknik Energi Terbarukan merupakan suatu jurusan di SMK yang mempelajari tentang kebutuhan terhadap energi sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Energi ini asalnya dari matahari, air, angin, biomassa dan juga panas bumi yang menjadi andalan manusia di masa mendatang. Pemanfaatan dari sumber daya tersebut dapat mengurangi penggunaan bahan bakar seperti fosil dan membuat dampak negatifnya menjadi lebih kecil terhadap perubahan iklim.

  17. SMK Teknik Komputer dan Informatika?

    Jurusan SMK Teknik Komputer dan Informatika merupakan suatu jurusan yang ada di SMK yang mempelajari tentang bagaimana penerapan dari logika matematika dalam mengelola informasi. Penerapan dari cabang ilmu ini berupa pengolahan atau transformasi data dengan memanfaatkan teknologi seperti komputer. D teknik ini juga dipelajari tentang perancangan prosesor, perangkat lunak dan juga sistem informasi.

  18. SMK Teknik Telekomunikasi?

    Jurusan SMK Teknik Telekomunikasi adalah suatu jurusan yang ada di SMK yang mempelajari tentang telekomunikasi tidak hanya soal pemasangan kabel atau komunikasi jaringan sinyal radio tapi juga mempelajari tentang perkembangan sebuah teknologi yang berkaitan dalam bidang telekomunikasi misalnya teknik digital dan komunikasi seluler. Selain itu, di jurusan ini juga dipelajari tentang cara pembangkitannya, cara pengolahan hingga penyebaran informasi dengan memanfaatkan sains dan rekayasa.

  19. SMK Keperawatan?

    Jurusan SMK Keperawatan adalah salah satu jurusan yang ada di SMK yang mempelajari tentang teori dan teknologi untuk merawat kesehatan fisik dan mental seseorang yang tengah mengidap penyakit dan juga penyandang disabilitas. Di bidang keperawatan terdapat spesialisasi di setiap kelasnya mulai dari perawat anak-anak, perawat dewasa, perawat manula, perawatan jalan dan perawat untuk mental.

  20. SMK Kesehatan Gigi?

    Jurusan SMK Kesehatan Gigi adalah salah satu jurusan yang ada di SMK yang mempelajari tentang kesehatan di daerah rongga mulut dan gigi, menangani segala permasalahan yang berkaitan dengan mulut dan bagaimana cara mengobatinya. Jurusan ini juga tidak hanya soal kesehatan gigi saja tapi juga estetika mulut dan gigi. Jadi mulut dan gigi juga harus memiliki nilai estetikanya.

  21. SMK Teknologi Laboratorium Medik?

    Jurusan SMK Teknologi Laboratorium Medik adalah salah satu jurusan yang ada di SMK yang mempelajari tentang bagaimana caranya menjadi seorang tenaga kesehatan ataupun ilmuwan yang memiliki keterampilan tinggi yang nantinya akan berkecimpung pada berbagai sarana kesehatan mulai dari pelayanan pemeriksaan, melakukan pengukuran hingga pengujian terhadap bahan-bahan yang asalnya dari manusia, bahan yang bukan dari manusia untuk menentukan jenis penyakit dan lain-lain.

  22. SMK Farmasi?

    Jurusan SMK Farmasi adalah salah satu jurusan yang ada di SMK yang mempelajari tentang obat-obatan. Anda juga akan belajar tentang cara mengenali struktur senyawa sebuah obat dan bagaimana cara sintesisnya, mengolahnya jadi obat yang bisa dikonsumsi. Di jurusan ini juga akan dipelajari tentang cara mencampur bahan, meracik, membuat formulasi, melakukan identifikasi hingga menciptakan obat yang dapat memenuhi standar kualitas dan uji kelayakan.

  23. SMK Pekerjaan Sosial?

    Jurusan SMK Pekerjaan Sosial adalah salah satu jurusan yang ada di SMK yang mempelajari tentang isu sosial dan juga upaya-upaya dalam pengelolaan berbagai masalah sosial melalui pengembangan sebuah program hingga tercapai kesejahteraan. Jurusan ini tidak hanya teori yang diajarkan tapi bagaimana penguasaan di lapangannya, memanipulasi perilaku, melakukan pendekatan sosial hingga membangun relasi sosial.

  24. SMK Agribisnis Tanaman?

    Jurusan Agribisnis Tanaman adalah salah satu jurusan yang ada di SMK yang mempelajari tentang manajerial tanaman perkebunan yang cakupannya adalah tanaman perkebunan untuk tahunan seperti kelapa sawit, kopi, karet, kakao dan lain-lain dan juga tanaman untuk perkebunan yang semusim seperti tembakau, kapas, tebu dan lain-lain. Segala yang menyangkut keahlian praktis tentang agribisnis akan diajarkan disini.

  25. SMK Agribisnis Ternak?

    Jurusan SMK Agribisnis Ternak adalah suatu jurusan yang ada di SMK yang mempelajari tentang usaha peternakan unggas yang cakupannya mulai dari kompetensi untuk agribisnis ternak unggas pedaging, petelur, pakan untuk hewan ternak unggas hingga agribisnis pembibitan untuk hewan ternak unggas tersebut. Jurusan ini bahkan juga mempelajari cara memberikan fasilitas dan menyiapkan kandang untuk hewan unggas, menangani limbahnya, memberi pakan dan lain-lain.

  26. SMK Kesehatan Hewan?

    Jurusan SMK Kesehatan adalah suatu jurusan di SMK yang mempelajari tentang bagaimana pencegahan dan pengobatan untuk penyakit yang terdapat di hewan ternak atau hewan yang lainnya. Jurusan ini juga akan mempelajari tentang hubungan yang terjadi antara masyarakat dengan hewan termasuk cara melakukan suatu identifikasi penyakit dan untuk memastikan apakah penyakit tersebut dapat menular ke manusia atau tidak.

  27. SMK Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian?

    Jurusan SMK Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian merupakan salah satu jurusan di SMK yang mempelajari tentang cara pengolahan hasil pertanian yang menjadi sebuah produk sampai penjualan dari produk itu sendiri. Jadi di jurusan ini akan terdapat materi yang mengajarkan soal kewirausahaan dan bagaimana praktik dari pengolahan hasil produksi tani seperti cara pembuatan susu kedelai, pembuatan kue kering, dan lain-lain.

  28. SMK Teknik Pertanian?

    Jurusan SMK Pertanian adalah salah satu jurusan yang ada di SMK yang mempelajari tentang bagaimana dasar-dasar teknik yang ada di bidang pertanian dapat diterapkan seperti sumber daya alam dari pertanian, mesin yang digunakan di bidang pertanian, teknologi proses, perbengkelan, negeri serta instrumentasi yang ada di bidang pertanian sampai manajemen dari keteknikan pertanian itu sendiri. Semua yang mencakup aspek teknis pertanian diajarkan disini.

  29. SMK Kehutanan?

    Jurusan SMK Kehutanan adalah suatu jurusan di SMK yang mempelajari tentang penggunaan dalam suatu ekosistem hutan misalnya konservasi lingkungan, keanekaragaman hayati, teknologi kehutanan, hukum melakukan penebangan hutan dan masih banyak lagi. Selain itu juga jurusan ini akan diajarkan bagaimana cara memanfaatkan hasil hutan tapi tidak dengan merusak ekosistem pada hutan tersebut.

  30. SMK Pelayaran Kapal Penangkap Ikan?

    Jurusan SMK Pelayaran Kapal Penangkap Ikan merupakan salah satu jurusan yang ada di SMK mempelajari tentang segala hal yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan dalam menjadi seorang anak buah kapal atau ABK penangkap ikan. Di jurusan ini yang dipelajari sangat banyak mulai dari perawatan kapal, perawatan alat untuk tangkap ikan, menangkap ikan dengan menggunakan berbagai alat, navigasi sampai pelayanan medis yang harus dilakukan ketika berada di atas kapal.

  31. SMK Pelayaran Kapal Niaga?

    Jurusan SMK Pelayaran Kapal Niaga merupakan salah satu jurusan di SMK yang mempelajari dunia kemaritiman secara khusus. Siswa SMK jurusan ini akan mempelajari mengenai perikanan dan juga pelayaran. Sehingga memiliki keahlian untuk menjadi nelayan modern menggunakan kapal berteknologi terkini. Selain itu juga mempelajari mengenai pelayaran, teknik dasar mengemudikan kapal sampai pelayanan kepada para penumpang.

  32. SMK Perikanan?

    Jurusan SMK Perikanan merupakan salah satu jurusan di dalam bidang kemaritiman, dan secara khusus mempelajari mengenai dunia perikanan. Siswa di jurusan ini akan dibekali ilmu mengenai budidaya berbagai jenis ikan. Jurusan ini dibuka dan didukung penuh oleh pemerintah karena memang Indonesia memiliki potensi perikanan yang sangat besar. Diharapkan semakin banyak generasi muda yang paham bagaimana mengelola potensi tersebut.

  33. SMK Pengolahan Hasil Perikanan?

    Jurusan SMK Pengolahan Hasil Perikanan sesuai dengan namanya adalah salah satu jurusan di jenjang SMK yang mempelajari tata cara pengolahan hasil tangkapan maupun budidaya ikan. Tentunya di dalam proses pembelajaran akan melibatkan teknologi terkini, sehingga siswa mampu mengolah hasil perikanan dengan cepat dan tepat. Siswa pun akan diperkenalkan sekaligus diajari bagaimana menggunakan alat-alat pengolahan ikan yang modern.

  34. SMK Bisnis dan Pemasaran

    Jurusan SMK Bisnis dan Pemasaran merupakan salah satu kompetensi keahlian atau jurusan yang mempelajari mengenai ilmu pemasaran baik online maupun offline. Jurusan ini sendiri masuk ke dalam bidang ekonomi dan sangat tepat dipilih oleh siswa yang tertarik bekerja di bagian keuangan maupun manajemen. Melalui jurusan ini siswa akan diajarkan bagaimana memasarkan produk dan jasa menggunakan teknik dan teknologi terkini.

  35. SMK Manajemen Perkantoran?

    Jurusan SMK Manajemen Perkantoran merupakan jurusan yang secara khusus mempelajari tentang manajemen atau administrasi perkantoran. Misalnya tentang keahlian surat-menyurat, pengarsipan dokumen, laporan kas kecil, dan lain sebagainya. Biasanya siswa di jurusan ini disebut juga sebagai siswa jurusan sekretaris. Namun tidak semua lulusannya hanya bisa menjadi sekretaris, namun bisa pula menjadi tenaga administrasi di berbagai perusahaan.

  36. SMK Akuntansi dan Keuangan?

    Jurusan SMK Akuntansi dan Keuangan merupakan salah satu jurusan di bidang ekonomi yang secara khusus mempelajari tentang segala ilmu yang berhubungan dengan transaksi keuangan sebuah perusahaan. Keahlian yang dipelajari siswa di jurusan ini meliputi pencatatan transaksi, mengklasifikasikan transaksi, meringkas, mengolah, dan kemudian menjadikannya sebagai sebuah data. Sehingga siswa mampu menyusun laporan keuangan yang akurat.

  37. SMK Logistik?

    Jurusan SMK Logistik merupakan jurusan di jenjang SMA Kejuruan yang mempelajari tentang segala hal yang berhubungan dengan logistik. Umumnya mempelajari tentang bagaimana menjadi SDM yang profesional, terampil, sekaligus handal dalam mengelola kegiatan berbasis logistik Sehingga siswa akan dibeli ilmu mengenai tata cara pengelolaan logistik yang tepat supaya mendukung program pemerintah menjalankan sistem Logistik Nasional.

  38. SMK Perhotelan dan Jasa Pariwisata?

    Jurusan SMK Perhotelan dan Jasa Pariwisata merupakan salah satu jurusan favorit di tingkat SMK dan memiliki banyak peminat. Jurusan ini mempelajari tentang tata cara menjalankan dan menyediakan layanan di dunia pariwisata. Lulusannya akan menjadi sumber daya manusia di berbagai perusahaan bidang pariwisata dan layanan. Baik itu hotel, restoran, tempat wisata, pemandu wisata, dan lain sebagainya.

  39. SMK Kuliner?

    Jurusan SMK Kuliner merupakan salah satu jurusan yang membekali siswanya dengan ilmu terkait tata boga. Tidak hanya ilmu mengenai cara mengolah bahan makanan menjadi menu masakan yang lezat dan menggugah selera. Siswanya juga akan dibekali keahlian untuk mampu melayani pengunjung sebuah hotel maupun restoran di bagian kulinernya. Jurusan ini masuk ke dalam jurusan pariwisata karena lulusannya sebagian besar masuk ke bisnis pariwisata tersebut.

  40. SMK Tata Kecantikan?

    Jurusan SMK Tata Kecantikan adalah sebuah jurusan di jenjang SMK atau SMA yang memberikan keahlian bagi siswanya mengenai dunia kecantikan. Siswa akan diajari bagaimana memberikan perawatan yang tepat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Terdapat pula pembekalan cara memakai produk kosmetik atau tata rias, baik riasan pengantin maupun artis. Kebanyakan siswa yang masuk jurusan ini adalah siswa perempuan meskipun ada pula siswa laki-laki namun jumlahnya terbatas.

  41. SMK Tata Busana?

    Jurusan SMK Tata Busana merupakan salah satu jurusan yang mempelajari tentang seluk beluk desain produk fashion, terutama baju. Siswa di jurusan ini akan dibekali ilmu mengenai cara membuat desain lewat sketsa kemudian diwujudkan menjadi baju atau produk fashion yang bisa disentuh dan dilihat fisiknya. Sehingga siswa tidak hanya dibekali ilmu bagaimana mengoperasikan mesin jahit, memotong kain, dan sebagainya saja.

  42. SMK Seni Rupa?

    Jurusan SMK Seni Rupa merupakan salah satu jurusan di bidang seni yang mempelajari segala hal terkait kesenian. Siswa di jurusan ini akan diajari mengenai ilmu seni lukis, seni patung, desain interior, desain komunikasi visual, dan lain sebagainya. Siswa diharapkan menjadi seorang seniman yang mampu menghasilkan karya unik, menarik, dan mampu mendunia lewat ilmu-ilmu yang disampaikan selama masa pembelajaran.

  43. SMK Desain dan Produk Kreatif Kriya?

    Jurusan SMK Desain dan Produk Kreatif Kriya masuk ke dalam jurusan yang menarik sekaligus kreatif di dunia pendidikan. Secara umum jurusan ini mempelajari tentang tata cara pembuatan desain dan produk kerajinan secara kreatif dan berdaya jual tinggi. Siswa pun akan mempelajari ilmu kriya logam, kriya kayu, kriya perhiasan (logam mulia), kriya kulit dan imitasi, dan juga kriya batik dan tekstil.

  44. SMK Seni Musik?

    Jurusan SMK Seni Musik adalah jurusan yang mempelajari tentang dunia seni musik yang saat ini umumnya menitikberatkan pada ilmu pertunjukan. Siswa akan dibekali keahlian memainkan sejumlah alat atau instrumen musik, bisa modern maupun tradisional. Selain itu juga dibekali dengan pengetahuan umum seperti bahasa Indonesia, bahasa Inggris, Matematika, pendidikan agama, dan lain sebagainya.

  45. SMK Seni Tari?

    Jurusan SMK Seni Tari adalah jurusan di jenjang SMA atau SMK yang mempelajari tentang seni tari itu sendiri. Siswa akan diajari mengenai berbagai tarian tradisional dan beberapa sekolah juga mengajarkan tarian tradisional dari negara lain. Diharapkan siswa dari jurusan ini dapat meneruskan budaya seni tari yang memang cukup beragam jenisnya di Indonesia.

  46. SMK Seni Karawitan?

    Jurusan SMK Seni Karawitan adalah jurusan di SMK yang mempelajari tentang seni musik daerah dan baik dalam bentuk alat musik maupun nyanyian (karawitan) tradisional. Umumnya ilmu seni musik daerah yang diajarkan berasal dari budaya Jawa, Bali, dan juga Madura. Namun beberapa sekolah juga mengajarkan seni musik dari daerah lain di Indonesia, sehingga siswa di jurusan ini dapat mengenal seni tradisional yang menjadi kekayaan bangsa tersebut.

  47. SMK Seni Pedalangan?

    Jurusan SMK Seni Pedalangan sesuai dengan namanya merupakan jurusan di jenjang SMK yang mempelajari tentang teknik pewayangan atau menjadi dalang. Sehingga siswa di jurusan ini diharapkan menjadi salah satu dalang ternama dan terbaik di Indonesia. Siswa pun bisa menjadi penerus generasi untuk melestarikan budaya wayang, karena akan menjadi dalang muda yang belajar teknik pewayangan tersebut.

  48. SMK Seni Teater?

    Jurusan SMK Seni Teater sesuai dengan namanya merupakan salah satu jurusan yang membekali siswanya dengan ilmu teater. Baik dalam pembuatan naskah pertunjukan teater, seni peran dalam memerankan karakter di dalam panggung teater, dan lain sebagainya. Sehingga siswa di jurusan ini akan mampu memberikan atau menciptakan sebuah pertunjukan teater, dan jurusan ini masuk ke dalam bidang seni kreatif.

  49. SMK Seni Broadcasting dan Film?

    Jurusan SMK Seni Broadcasting dan Film adalah jurusan SMK yang mempelajari tentang proses produksi sekaligus tata cara melakukan siaran atau penyiaran. Jurusan ini juga akan mempelajari tentang ilmu menjadi seorang MC/moderator/pembawa acara. Selai itu ada pembekalan ilmu dalam pembuatan film, dari mulai penyusunan naskah, eksekusi atau proses syuting, dan editing sampai bisa tayang.

0 / 5 4.57

Your page rank: