JURUSAN TEKNIK KELAUTAN

Apakah Jurusan Teknik Kelautan cocok buat kamu?

Prodi Teknik Kelautan:

  • Jurusannya Apa Saja?
  • Mempelajari apa saja Jurusan Teknik Kelautan?
  • Apakah Jurusan Teknik Kelautan sulit?
  • Lulusan Jurusan Teknik Kelautan¬† bisa kerja dimana?
  • Kalo sudah Sarjana Teknik Kelautan jadi apa?
  • Berapa Gaji sarjana Teknik Kelautan?

CARA MASUK JURUSAN TEKNIK KELAUTAN

Alumni Jurusan Teknik Kelautan

Australian National University jurusan perdagangan di fakultas akutansi dan bisnis

Nagita Slavina / Artis

S2 di London School of Economics and Political Science, LSE Inggris jurusan ekonomi kreatif

Gita Gutawa / Penyanyi

D3 Teknik Kelautan Fakultas Teknik Kelautan, Universitas Indonesia

Fedi Nuril / Artis

5 hal Wajib Kamu tahu sebelum masuk jurusan Teknik Kelautan

Indonesia merupakan negeri maritime dengan lebih dari 70% wilayahnya adalah lautan. Karena itu, tidak salah jika kamu mengambil jurusan teknik kelautan. Lulusan teknik kelautan memiliki peran penting dalam pembangunan di daerah laut, seperti pengeboran minyak lepas pantai, pemecah ombak dan infrastuktur transportasi laut lainnya. Sebelum memutuskan untuk mengambil jurusan ini ada baiknya kamu memperhatikan hal-hal berikut ini,

1. Tahu soal design dan pengembangan

Seorang sarjana teknik kelautan tidak hanya mempelajari tentang seputar laut saja, lho. Tetapi kamu juga dituntut untuk memiliki kemampuan mendesain nantinya. Karena itu, mulailah mengasah kemampuan mendesain kamu atau mulailah untuk menyukai hal-hal yang berbau design sebelum memutuskan untuk masuk jurusan teknik kelautan.

2. Memiliki rasa tanggung jawab yang baik

Seorang insinyur teknik kelautan harus memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi, karena nantinya dalam dunia kerja kamu akan bertanggung jawab dalam komponen utama atau proyek yang kamu kerjakan. Kamu dapat belajar dengan mulai bertanggung jawab dengan hal kecil yang ada disekitar kamu saat ini.

3. Tahu soal komputerisasi

Seorang sarjana teknik kelautan tidak hanya belajar tentang laut saja, ya. Tapi kamu juga perlu mendalami tentang ilmu komputerisasi. Karena dalam prakteknya kamu juga akan menggunakan komputer secara ekstensif untuk memproduksi dan menganalisa desain.

4. Ilmu pengetahuan dan matematika

Prinsip ilmu pengetahuan dan matematika dalam teknik kelautan berguna untuk mengembangkan solusi ekonomi terhadap masalah teknis. Ilmu ini menjadi bagian mendasar yang wajib kamu miliki sebelum memutuskan untuk masuk jurusan teknik kelautan.

5. Kemampuan memperkirakan waktu dan biaya

Selain ahli dalam beberapa hal diatas, kamu juga dituntut untuk memiliki kamampuan dalam mengatur waktu untuk menyelesaikan proyek yang kamu kerjakan, termasuk memperkirakan biaya juga. Karena itu, kamu perlu mengembangkan kemampuan kamu dalam memperkirakan waktu. Untuk memberikan hasil proyek yang luar biasa nantinya.

Nah setalah membaca artikel tadi, sebaiknya sebelum mengambil jurusan ini pertimbangkan dengan matang terlebih dahulu, ya!

   Sekolah Online

0 / 5

Your page rank: