JURUSAN KESEHATAN MASYARAKAT

Apakah Jurusan Kesehatan Masyarakat cocok buat kamu?

Prodi Kesehatan Masyarakat:

  • Jurusannya Apa Saja?
  • Mempelajari apa saja Jurusan Kesehatan Masyarakat?
  • Apakah Jurusan Kesehatan Masyarakat sulit?
  • Lulusan Jurusan Kesehatan Masyarakat¬† bisa kerja dimana?
  • Kalo sudah Sarjana Kesehatan Masyarakat jadi apa?
  • Berapa Gaji sarjana Kesehatan Masyarakat?

CARA MASUK JURUSAN KESEHATAN MASYARAKAT

Alumni Jurusan Kesehatan Masyarakat

Australian National University jurusan perdagangan di fakultas akutansi dan bisnis

Nagita Slavina / Artis

S2 di London School of Economics and Political Science, LSE Inggris jurusan ekonomi kreatif

Gita Gutawa / Penyanyi

D3 Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia

Fedi Nuril / Artis

5 Fakta Unik Jurusan Kesehatan Masyarakat

Orang awam kerap kali memperhatikan bidang sekunder jurusan kesehatan masyarakat sama seperti kesehatan medis dokter, bidan dan juga perawat yang berfokus lebih ke kesehatan atau mengobati.

Faktanya tidak begitu, Jurusan kesehatan masyarakat cukup menyenangkan sama dengan ketiga bidang diatas. Meskipun masih dalam satu fokus yakni masih mengatasi masalah kesehatan.
Adapun beberapa fakta menarik tentang jurusan kuliah kesehatan masyarakat yang Anda wajib diketahui.

1. Tidak selalu belajar tentang IPA dan biologi

Meski dalam ujian sbmptn dan sejenisnya untuk masuk jurusan kesehatan masyarakat juga harus mengerjakan soal tipe IPA, namun faktanya materi kuliah kesmas ini campur dengan ilmu sosial.

Karena sasarannya masyarakat, di jurusan kesehatan masyarakat yang dipelajari juga sosiologi, antropologi dan materi IPS lainnya seperti materi IPA seperti anatomi, fisiologi dan yang sejenisnya.

Bahkan mahasiswa dari jurusan kesehatan masyarakat diwajibkan untuk sosialis, musti supel, dan pintar berbicara di depan umum. Hal ini hidup agar ketika terjun ke masyarakat bisa dengan mudah untuk mengajak mereka sehat.

2. Tenaga kesehatan yang sangat penting

Kesehatan masyarakat merupakan tenaga kesehatan yang biasanya berperan penting dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dengan berupaya untuk menggerakan pembangunan berwawasan kesehatan.

3. Tidak selalu harus bekerja di Puskesmas

Prospek kerja kesmas ini luas, mahasiswa dari jurusan ini bisa bekerja entah di puskesmas, rumah sakit, klinik, pns, menteri. Selain kantoran, tenaga kesehatan masyarakat juga bisa bekerja di lapangan. Misal ahli k3, teknik lingkungan dan epidemiologi. Untuk masalah gaji lulusan dari kesehatan masyarakat sangat dijanjikan.

4. Pentingnga Tenaga Kesehatan

Kesehatan masyarakat juga menjadi tenaga kesehatan yang berperan penting dalam hal meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dengan menggerakan pembangunan berwawasan kesehatan.

Hal ini juga telah berdasarkan pada kewajiban utama tenaga kesehatan masyarakat dengan tenaga kesehatan lainnya yakni dengan mengupayakan masyarakat agar hidup sehat dan sejahtera baik dari segi fisik, mental, sosial, dan ekonomi.

5. Banyak Mahasiswa Cantik

Poin ini bukan mitos belaka, hampir sama seperti kuliah dan sejenisnya, kebanyakan kuliah di jurusan ini adalah para perempuan yang cantik. Entah mengapa pria jarang berminat kuliah di jurusan kesehatan.

   Sekolah Online

0 / 5

Your page rank: