JURUSAN ASTRONOMI

Apakah Jurusan Astronomi cocok buat kamu?

Buku PANDUAN

Prodi Astronomi:

  • Jurusannya Apa Saja?
  • Mempelajari apa saja Jurusan Astronomi?
  • Apakah Jurusan Astronomi sulit?
  • Lulusan Jurusan Astronomi¬† bisa kerja dimana?
  • Kalo sudah Sarjana Astronomi jadi apa?
  • Berapa Gaji sarjana Astronomi?

CARA MASUK JURUSAN ASTRONOMI

5 Fakta Menarik Jurusan Astronomi Di Indonesia

Jurusan Astronomi di Indonesia mempunyai kualitas yang cukup dipandang di mata internasional. Indonesia juga punya lembaga khusus yang menangani segala hal terkait astronomi, yakni Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai jurusan astronomi di Indonesia, simaklah fakta-fakta menarik berikut ini:

1. Salah Satu Ilmu Tertua di Dunia

Astronomi menjadi salah satu dari beberapa ilmu tertua di dunia. Hal ini terbukti dari terdapat temuan-temuan artefak di zaman prasejarah. Namun, astronomi baru benar-benar menjadi cabang dari ilmu pengetahuan modern setelah Galileo Galilei menemukan teleskop di abad 16. Tidak heran jika Galileo Galilei ini punya sebutan Bapak Astronom Observasional.

2. Jurusan Astronomi Di Indonesia Sangat Eksklusif

Seorang Sarjana, Master, ataupun Doktor Astronomi sangat eksklusif di Indonesia. Jurusan ini bukan hanya satu-satunya di Indonesia, namun juga Asia Tenggara. Artinya, Anda berpeluang menjadi salah satu ahli astronomi yang diincar banyak negara.

3. Tidak Hanya Tentang Perbintangan Dan Alam Semesta

Mahasiswa jurusan ini tentu saja tidak hanya belajar tentang perbintangan dan alam semesta saja. Kurikulum jurusan ini berpusat pada Fisika serta Matematika. Di jurusan ini, Anda juga akan belajar soal software, pemrograman, analisis model, sampai statistika. Semua itu dipadukan dalam sebuah kegiatan penelitian yang biasanya akan dipublikasikan di level internasional.

4. Punya Observatorium

Pernah ke Observatorium Bosscha yang ada di Bandung? Ini merupakan lembaga riset di bawah naungan FMIPA ITB. Observatorium ini dibangun oleh Nederlandsch-Indische Sterrenkundige Vereniging (NISV) atau Perhimpunan Astronomi Hindia Belanda pada 1923-1928.

5. Melahirkan Astronom Dunia

Jurusan Astronomi di Indonesia sekurangnya telah mampu melahirkan empat astronom yang jasanya terkenal di dunia. Nama dari keempatnya bahkan telah menjadi nama asteroid oleh International Astronomical Union (IAU). Keempatnya yakni Bambang Hidayat, Moedji Raharto, Dhani Herdiwijaya, dan juga Taufiq Hidayat.

Prestasi keempat astronom yang semuanya pernah menjadi Kepala Observatorium Bosscha tersebut tentu membuat kebanggaan segenap masyarakat Indonesia. Sebab ini artinya kualitas astronom Indonesia mendapat pengakuan di dunia.

   Sekolah Online

0 / 5

Your page rank: