CARA MENDAFTAR SNMPTN ONLINE

SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan salah satu jenis jalur masuk ke perguruan tinggi negeri. Pelaksanaan SNMPTN biasanya dilakukan serentak di seluruh perguruan tinggi negeri di Indonesia. Jalur ini biasanya jalur pendaftaran pertama yang dibuka, baru kemudian disusul SBMPTN dan jalur masuk lainnya.
Jalur SNMPTN sering disebut juga sebagai jalur undangan, syarat untuk bisa ikut di jalur ini adalah memiliki prestasi akademik selama di bangku SMA/SMK sederajat. Terdapat sejumlah tahapan yang perlu dilewati oleh calon mahasiswa. Langkah pertama adalah registrasi dulu di situs LTMPT.
Secara umum kuota calon mahasiswa dari jalur SNMPTN ini adalah 20% dari total kuota setiap perguruan tinggi negeri. Oleh sebab itu seleksi ini terbatas bagi calon mahasiswa yang masuk pemeringkat semasa SMA. Jalur ini biasanya banyak dituju karena gratis alia tanpa dipungut biaya dan tanpa ujian tertulis.

Estimate Cost : IDR

Time Needed : 40 minutes

Detail Cara Daftar SNMPTN Online
Berikut adalah detail tata cara daftar SNMPTN online yang bisa dimulai setelah jadwal SNMPTN keluar:

  1. Registrasi

    Melakukan registrasi dulu di situs LTMPT, yakni di www.portal.ltmpt.ac.id baru kemudian mendaftar di situs www.web.snmptn.ac.id dengan menggunakan NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) dan password untuk login. Password ini bisa diminta dari pihak sekolah.

  2. Pengisian Data

    Setelah berhasil masuk di situs SNMPTN maka bisa melakukan pengisian data seperti isi biodata, program studi yang dipilih, perguruan tinggi negeri, dan terakhir mengisi form pendaftaran disusul mengunggah foto terbaru.

  3. Prestasi Akademik

    Mengisi prestasi akademik yang dimiliki, misalnya mengunggah scan piagam maupun sertifikat dan sejenisnya.

  4. Portofolio

    Mengunggah portofolio dengan ukuran file tidak boleh lebih dari 10 MB dan bentuk file bisa dalam format video.

  5. Verifikasi Data

    Melakukan verifikasi data baru kemudian klik menu “Finalisasi Pendaftaran”.

  6. Pencetakan Kartu

    Melakukan pencetakan kartu peserta.

Tools
  • Internet, Wifi
Materials
  • Smartphone, Tablet, Laptop, PC, Printer, Kertas

Selanjutnya calon mahasiswa hanya perlu menunggu pengumuman hasil seleksi, dan pada saat pendaftaran di situs SNMPTN bisa memilih maksimal 2 program studi. Jika tidak lolos di program studi pertama maka akan diikutkan seleksi ke program studi pilihan kedua secara otomatis. Cukup mudah bukan mengenai cara daftar SNMPTN online yang dipaparkan di atas? Pastikan Mengikuti sesuai prosedur.

Rating

0 / 5 5

Your page rank:

Kamus Istilah
AKSIN CORONA
Jurusan Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code