CARA MENDAFTAR SBMPTN ONLINE

Sebelum mengetahui detail cara daftar SBMPTN online, kenali dulu SBMPTN lebih detail. Secara umum jalur penerimaan mahasiswa baru bagi seluruh perguruan tinggi negeri atau PTN di Indonesia ada tiga. Pertama adalah SNMPTN, disusul SBMPTN, dan terakhir jalur SMM-PTN Barat khusus untuk calon mahasiswa di wilayah Barat Indonesia.
Bagi pemilik prestasi akademik dan dibuktikan dengan nilai rapor, piagam, dan sebagainya bisa mengikuti jalur SNMPTN. Apabila prestasi akademik kurang mendukung maka bisa mengikuti SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Tes masuk di jalur ini mengandalkan hasil dari UTBK dan bisa diikuti oleh semua lulusan SMA/SMK di seluruh Indonesia sampai lulusan 3 tahun terakhir.

Syarat Mengikuti SBMPTN 

  1. Tercatat sebagai siswa SMA/SMK/MA maupun siswa Paket C di tahun ini.
  2. Lulusan dari SMA/SMK/MA dan lulusan Paket C tahun ajaran terbaru maupun 3 tahun yang telah lewat.
  3. Mengikuti UTBK.
  4. Membayar biaya mengikuti UTBK

Estimate Cost : 7000 idr

Time Needed : 40 minutes

Tata Cara Daftar SBMPTN Online
Adapun proses atau cara daftar SBMPTN online ini adalah sebagai berikut:

  1. Registrasi

    Registrasi dulu di situs LTMPT yakni di situs www.portal.ltmpt.ac.id menggunakan NISN, NPSN, dan juga tanggal lahir.

  2. Login

    Berlanjut ke proses login di situs LTMPT menggunakan username atau alamat email beserta password.

  3. Verifikasi dan Validasi Data

    Melakukan verifikasi dan validasi data siswa dengan mencari menu verifikasi, selanjutnya melakukan pengisian biodata dan mengunggah foto terbaru. Apabila sudah selesai maka bisa memverifikasi biodata tersebut lewat tombol yang tersedia.

  4. Pendaftaran UTBK

    Masuk ke menu “Pendaftaran UTBK” dan tinggal memilih jenis ujian, sesi ujian, dan juga lokasi pusat UTBK PTN. Sehingga bisa segera mendapatkan slip pembayaran.

  5. Pembayaran

    Jika slip pembayaran sudah didapatkan maka bisa segera melakukan pembayaran. Yakni ke Bank Mandiri, BRI, dan BNI dengan batas waktu maksimal 1×24 jam.

  6. Mencetak Kartu Peserta

    Setelah melunasi pembayaran maka bisa masuk atau login lagi ke situs LTMPT tadi dan mencari menu “Pendaftaran UTBK”. Silahkan mencetak kartu peserta UTBK melalui tombol yang sudah tersedia.

  7. UTBK

    Mengikuti UTBK sesuai dengan jadwal maupun lokasi tes yang tercantum di dalam kartu peserta UTBK yang sudah dicetak sebelumnya.

Tools
  • Internet, Wifi
Materials
  • Smartphone, Tablet, Laptop, PC, Printer, Kertas

Melalui penjelasan di atas tentu bisa diketahui dan ditarik kesimpulan bahwa cara daftar SBMPTN online cukup mudah. Anda baru bisa melakukan pendaftaran ketika jadwal sudah dibuka, jadi pastikan update info terkini mengenai jadwal pendaftarannya.

Rating

0 / 5 5

Your page rank:

Kamus Istilah
AKSIN CORONA
Jurusan Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code