CARA MENDAFTAR LTMPT ONLINE

Bagi siswa di SMA/SMK dan sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang universitas. Tentunya sudah mulai melakukan banyak persiapan sejak kelas XI, dan menjelang SBMPTN. Siswa perlu melakukan registrasi dulu di LTMPT, namun apa itu LTMPT dan bagaimana cara daftar LTMPT online tersebut? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini. 
 

Apa Itu LTMPT?

LTMPT memiliki kepanjangan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi yang sesuai namanya memiliki tugas untuk menyelenggarakan tes masuk perguruan tinggi untuk calon mahasiswa. Lembaga tes satu ini berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. 
 
Adapun fungsi atau tujuan dari LTMPT ini adalah untuk melaksanakan tes masuk perguruan tinggi yang sesuai standar. Yakni yang kredibel, transparan, fleksibel, adil, efisien, dan juga yang akuntabel. Sehingga LTMPT ini akan membantu perguruan tinggi di Indonesia mengetahui siapa saja calon mahasiswa yang bisa menyelesaikan studi di perguruan tinggi tersebut. Diharapkan dengan adanya kegiatan dari LTMPT ini bisa menurunkan angka mahasiswa yang terkena DO maupun yang memutuskan berhenti di tengah jalan
 

Pelaksanaan Tes LTMPT – UTBK

Tes yang disediakan atau dijalankan oleh LTMPT ini biasanya dalam bentuk tes tertulis yakni Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Pelaksanaan tes dilakukan LTMPT secara objektif, adil, dan juga akuntabel. Sehingga nilai atau skor UTBK tersebut bisa diberikan langsung kepada para peserta tes. 

 

Estimate Cost : 5000 IDR

Time Needed : 30 minutes

Syarat dan Cara Daftar LPMPT
Syarat untuk bisa mengikuti detail cara daftar LTMPT online adalah berstatus sebagai siswa di salah satu SMA/SMK sederajat di Indonesia. Bisa pula diikuti oleh lulusan SMA/SMK sederajat untuk mengikuti SBMPTN di tahun setelah kelulusan. Sedangkan untuk tata cara pendaftaran LTMPT ini dilakukan online, berikut langkah-langkahnya:

  1. Registrasi

    Langkah pertama adalah melakukan registrasi dulu di situs LTMPT yakni di www.portal.ltmpt.ac.id kemudian cari akun “Siswa”. Isi data berupa NISN (Nomor Induk Siswa Nasional), NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional), dan terakhir tanggal lahir.

  2. Login ke www.portal.ltmpt.ac.id

    Login menggunakan username dan password yang telah dibuat.

  3. Verifikasi dan Mengisi Data

    Melakukan verifikasi dan mengisi data, yakni berupa verifikasi dan validasi data siswa, mengolah biodata siswa, mengunggah foto profil, dan terakhir verifikasi biodata siswa.

  4. Pendaftaran UTBK

    Cari dan pilih menu “Pendaftaran UTBK” dan memilih lokasi dimana UTBK tersebut dilakukan sekaligus memilih jenis ujian dan sesi ujian.

  5. Pembayaran

    Melakukan pembayaran tagihan.

  6. Mencetak Kartu Peserta

    Login kembali dan mencetak kartu peserta, baru kemudian mengikuti UTBK sesuai jadwal.

Tools
  • Smartphone, Tablet, Laptop, PC , Printer, Kertas
  • Internet, Wifi

Rating

0 / 5 5

Your page rank:

Kamus Istilah
AKSIN CORONA
Jurusan Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code