CARA MENDAFTAR KIP KULIAH

Pernah mendengar istilah KIP-Kuliah? Istilah ini memang terbilang cukup baru, karena dijalankan pemerintah pertama kali di tahun ini yakni tahun 2020. Sebelum mengetahui lebih jauh mengenai cara daftar KIP kuliah. Pastikan dulu sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan KIP-Kuliah itu sendiri.
KIP-Kuliah memiliki kepanjangan Kartu Indonesia Pintar Kuliah, dan memang masih berhubungan dengan program pemerintah bertajuk Kartu Indonesia Pintar. Pengertiannya sendiri adalah suatu program bantuan berupa beasiswa bagi pemerintah kepada lulusan jenjang SMA/SMK/MA dan sederajat untuk masuk ke perguruan tinggi.

Syarat untuk Menjadi Peserta KIP-Kuliah 

Sebagai beasiswa, tentu program KIP-Kuliah ini memiliki sejumlah syarat yang perlu dipenuhi oleh calon pesertanya. Yakni:
• Penerima adalah siswa atau lulusan siswa jenjang SMA sederajat di tahun berjalan dan maksimal lulusan 2 tahun lalu.
• Penerima KIP-Kuliah memiliki potensi atau prestasi akademik sekaligus memiliki keterbatasan ekonomi.
• Penerima KIP-Kuliah wajib memiliki atau menerima KIP (Kartu Indonesia Pintar).
• Penerima KIP-Kuliah memiliki KKS (Kartu Keluarga Sejahtera).
• Penerima lulus dari seleksi penerimaan mahasiswa baru di PTN dan PTS terakreditasi A dan B, dan dengan beberapa pertimbangan boleh di PTN dan PTS akreditasi C.

Estimate Cost : 6000 IDR

Time Needed : 35 minutes

Tata Cara Mendaftar KIP-Kuliah Online
Sementara itu untuk langkah-langkah atau cara daftar KIP kuliah tahun ini adalah sebagai berikut:

  1. Pendaftaran

    Melakukan pendaftaran secara mandiri di website KIP-Kuliah yakni di www.kip-kuliah.kemdikbud.go.id dan ke depan kabarnya akan dirilis aplikasinya juga, dan tersedia di Play Store.

  2. Input Data

    Memasukan NIK, NISN, NPSN, dan juga alamat email yang masih aktif dan dijamin valid.

  3. Validasi

    Sistem di website dan aplikasi selanjutnya akan melakukan validasi

  4. Email: Kode Akses

    Apabila proses validasi sukses maka Anda akan menerima nomor pendaftaran dan juga kode akses melalui email yang dipakai mendaftar.

  5. Memilih PTN – PTS

    Melanjutkan proses pendaftaran, termasuk mengisi atau memilih PTN maupun PTS beserta program studi dan jalur tes masuk yang diinginkan mulai SNMPTN, SBMPTN, maupun jalur lainnya.

  6. Pendaftaran PTN – PTS

    Melakukan pendaftaran di portal atau situs resmi PTN atau PTS yang telah dipilih, tentunya proses ini disesuaikan dengan jadwal dari jalur pendaftaran yang sudah dipilih sebelumnya.

  7. Verifikasi Kampus

    Calon penerima KIP-Kuliah yang sudah dinyatakan masuk ke PTN maupun PTS bisa melakukan verifikasi ke kampus yang bersangkutan sebelum diusulkan sebagai mahasiswa penerima KIP-Kuliah tadi.

Tools
  • Internet, Wifi
Materials
  • Smartphone, Tablet, Laptop, PC, Printer, Kertas

Proses atau cara daftar KIP kuliah yang dijabarkan di atas cukup mudah, hanya saja memang tahapannya lebih panjang dibanding pendaftaran tanpa KIP-Kuliah.

Rating

0 / 5 5

Your page rank:

Kamus Istilah
AKSIN CORONA
Jurusan Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code